Wewangian yang Tidak Disukai Tikus: Bisa Usir Tikus dari Rumah?

Wewangian yang tidak disukai tikus
Wewangian yang tidak disukai tikus

HOMEYPEDIA.COM – Wewangian yang tidak disukai tikus penting dan perlu diketahui sebagai cara alternatif mengusirnya dari rumah. Pernahkah Anda mengalami masalah dengan tikus yang sering berkeliaran di sekitar rumah atau bisnis Anda? 

Tikus bisa menjadi masalah yang menjengkelkan dan bahkan membahayakan kesehatan manusia. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua aroma disukai oleh tikus? Alias ada wewangian yang tidak disukai tikus. Simak daftar di bawah ini: 

Bacaan Lainnya

Daftar Isi

Tikus Takut dengan Apa? Inilah Daftar Wewangian yang Tidak Disukai Tikus 

0. Kapur Barus

Kapur barus dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengusir tikus. Tikus tidak menyukai bau kapur barus yang kuat dan tajam. Anda dapat menempatkan beberapa potongan kapur barus di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus, seperti sudut-sudut rumah, celah atau lubang di dinding atau lantai.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kapur barus juga harus berhati-hati karena bahan ini termasuk beracun dan dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan peliharaan jika terhirup dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, pastikan kapur barus diletakkan di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan.

Cara mengusir tikus dengan kapur barus

Cara mengusir tikus dengan kapur barus

Total Waktu: 7 hari dan 23 jam

Siapkan kapur barus

Beli kapur barus yang berkualitas dan pastikan Anda menempatkan kapur barus yang aman dan tidak membahayakan kesehatan manusia dan hewan peliharaan. Lalu, potong kapur barus menjadi beberapa bagian kecil.cara mengusir tikus dengan kapur barus

Campur dengan bahan lain

Campurkan kapur barus dengan bahan-bahan lain yang bisa mengusir tikus, seperti bubuk cabai atau daun mint. Anda bisa menempatkan campuran tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus.cara mengusir tikus dengan kapur barus

Identifikasi sarang tikus

Identifikasi tempat-tempat di mana tikus sering muncul, seperti celah atau lubang di dinding atau lantai, sudut-sudut rumah, dan tempat-tempat lain yang sering dilalui tikus.cara mengusir tikus dengan kapur barus

Letakkan kapur barus di lokasi yang ditentukan

Letakkan potongan kapur barus di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus. Anda juga bisa menggunakan tempat-tempat yang tersembunyi seperti di bawah rak atau di belakang furniture. Pastikan kapur barus diletakkan jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. cara mengusir tikus dari rumah

Rutin ganti kapur barus

Ganti kapur barus yang sudah kering atau habis setiap beberapa minggu untuk menjaga efektivitasnya. cara-mengusir-tikus-dari-rumah

Periksa secara teratur

Periksa secara teratur apakah ada tanda-tanda kehadiran tikus, seperti kotoran atau jejak kaki tikus. Jika masih ada tanda-tanda kehadiran tikus, Anda bisa menambahkan jumlah potongan kapur barus atau memindahkan letaknya ke tempat yang lebih strategis.cara mengusir tikus dengan kapur barus (4)

TIPS! Ingatlah bahwa penggunaan kapur barus harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana karena bahan ini termasuk beracun dan dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan peliharaan jika terhirup dalam jumlah yang banyak.

1. Peppermint

1. A. Alasan tikus tidak suka aroma peppermint

Wewangian yang tidak disukai tikus pertama adalah peppermint. Tikus tidak suka wewangian peppermint karena tikus memiliki indera penciuman yang sangat tajam dan sensitif. 

Wewangian peppermint terlalu kuat bagi tikus dan dapat mengganggu sistem penciuman mereka, sehingga tikus cenderung menghindari bau tersebut. Selain itu, kandungan minyak esensial peppermint seperti menthol dan menthone dapat menimbulkan sensasi terbakar dan kesemutan pada area hidung tikus. 

Sehingga, tikus akan lebih memilih untuk menghindari daerah yang tercium wewangian peppermint. Meskipun peppermint dapat menjadi pengusir alami yang efektif untuk tikus, namun penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati dan tidak secara berlebihan agar tidak membahayakan kesehatan tikus atau manusia yang berada di sekitarnya. 

1. B. Cara menggunakan peppermint sebagai pengusir tikus

Minyak esensial peppermint 

Oleskan minyak esensial peppermint di area yang sering dilalui tikus atau pada kapas yang ditempatkan di area tersebut

Tanaman peppermint

Tanam peppermint di sekitar rumah atau tempatkan pot tanaman peppermint di dalam rumah, terutama di dekat pintu dan jendela

Campuran semprot peppermint 

Buat campuran semprot dengan mencampur 10-20 tetes minyak esensial peppermint dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan di area yang sering dilalui tikus

1. C. Kelebihan dan kekurangan penggunaan peppermint

Kelebihan peppermint Kekurangan peppermint 
Peppermint adalah solusi alami yang aman dan ramah lingkungan untuk mengusir tikusAroma peppermint mungkin perlu diaplikasikan secara rutin untuk efektivitas yang optimal
Selain mengusir tikus, peppermint juga memiliki manfaat aromaterapi untuk kesehatan dan kenyamanan penghuni rumahPeppermint mungkin tidak efektif untuk mengusir tikus dalam jumlah yang sangat banyak

2. Lavender

2. A. Alasan tikus tidak suka aroma peppermint 

Tikus tidak suka wewangian lavender karena aroma lavender terlalu kuat bagi tikus dan dapat mengganggu sistem penciuman mereka. Tikus memiliki indera penciuman yang sangat tajam dan sensitif, sehingga aroma lavender yang kuat dapat mengganggu dan membingungkan indera penciuman mereka. 

Selain itu, kandungan minyak esensial dalam lavender, seperti linalool, dapat menimbulkan sensasi terbakar dan kesemutan pada hidung tikus, sehingga tikus akan lebih memilih untuk menghindari daerah yang tercium aroma lavender.

Tikus juga menghindari aroma lavender karena tikus secara naluriah merasa takut terhadap bau yang tidak dikenal dan tidak familiar. Jika tikus tidak terbiasa dengan aroma lavender, mereka cenderung menganggapnya sebagai ancaman dan menghindarinya.

2. B. Cara menggunakan lavender sebagai pengusir tikus

Minyak esensial lavender

Oleskan minyak esensial lavender pada kapas atau kain yang ditempatkan di area yang sering dilalui tikus

Tanaman lavender

Tanam lavender di sekitar rumah atau letakkan pot tanaman lavender di dalam rumah, terutama di dekat pintu dan jendela

Campuran semprot lavender

Buat campuran semprot dengan mencampur 10-20 tetes minyak esensial lavender dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan di area yang sering dilalui tikus 

2. C. Kelebihan dan kekurangan penggunaan lavender

Kelebihan lavenderKekurangan lavender
Lavender adalah solusi alami yang aman dan ramah lingkungan untuk mengusir tikusAroma lavender mungkin perlu diaplikasikan secara rutin untuk efektivitas yang optimal
Selain mengusir tikus, lavender juga memiliki manfaat aromaterapi yang menenangkan bagi penghuni rumahLavender mungkin tidak efektif untuk mengusir tikus dalam jumlah yang sangat banyak

3. Cengkeh

3. A. Alasan tikus tidak suka wewangian cengkeh

Tikus tidak suka wewangian cengkeh karena cengkeh mengandung senyawa eugenol yang terlalu kuat dan tidak disukai oleh tikus. Senyawa eugenol pada cengkeh memiliki aroma yang kuat dan tajam yang dapat mengganggu sistem penciuman tikus. 

Dengannya, sehingga tikus cenderung menghindar dari daerah yang tercium aroma cengkeh. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa eugenol dalam cengkeh dapat menimbulkan sensasi terbakar pada area hidung tikus, sehingga tikus akan lebih memilih untuk menghindari aroma tersebut.

3. B. Cara menggunakan cengkeh sebagai pengusir tikus

Serbuk cengkeh

Taburkan serbuk cengkeh di area yang sering dilalui tikus atau di sekitar tempat persembunyian tikus

Minyak esensial cengkeh

Oleskan minyak esensial cengkeh pada kapas atau kain yang ditempatkan di area yang sering dilalui tikus

Campuran semprot cengkeh

Buat campuran semprot dengan mencampur 10-20 tetes minyak esensial cengkeh dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan di area yang sering dilalui tikus. 

3. C. Kelebihan dan kekurangan penggunaan cengkeh 

Kelebihan cengkehKekurangan cengkeh
Cengkeh adalah solusi alami yang aman dan ramah lingkungan untuk mengusir tikusAroma cengkeh mungkin perlu diaplikasikan secara rutin untuk efektivitas yang optimal
Selain mengusir tikus, cengkeh juga memiliki manfaat antimikroba dan antijamur yang baik untuk menjaga kebersihan rumahPenggunaan cengkeh yang berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada sistem pernapasan manusia dan hewan peliharaan.

4. Eucalyptus

4. A. Mengapa Eucalyptus adalah wewangian yang tidak disukai tikus? 

Eucalyptus adalah wewangian yang tidak disukai oleh tikus karena aroma eucalyptus terlalu kuat bagi tikus dan dapat mengganggu sistem penciuman mereka. Tikus memiliki indera penciuman yang sangat tajam dan sensitif, sehingga aroma eucalyptus yang kuat dapat mengganggu dan membingungkan indera penciuman mereka.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa tikus dapat terbiasa dengan aroma eucalyptus jika terpapar terlalu sering. Hal ini dapat mengurangi efektivitas eucalyptus sebagai pengusir tikus.

Selain itu, eucalyptus mengandung senyawa kimia seperti cineole dan pinene yang dapat menimbulkan sensasi terbakar dan kesemutan pada hidung tikus. Hal ini membuat tikus cenderung menghindari daerah yang tercium aroma eucalyptus.

4. B. Cara menggunakan Eucalyptus sebagai wewangian pengusir tikus

Eucalyptus dapat digunakan sebagai wewangian pengusir tikus dengan cara yang sederhana. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan eucalyptus sebagai pengusir tikus: 

Minyak Eucalyptus

Teteskan beberapa tetes minyak eucalyptus di bola kapas atau kain dan tempatkan di area yang sering didatangi tikus, seperti di dekat celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh tikus. Anda juga dapat menempatkan bola kapas atau kain yang telah diberi tetesan minyak eucalyptus di dalam ruangan atau di dalam mobil.

Dedak Eucalyptus

Campurkan sedikit dedak dengan minyak eucalyptus, lalu taburkan campuran tersebut di area yang sering didatangi tikus. Dedak eucalyptus ini akan memberikan aroma yang tidak disukai oleh tikus.

Daun Eucalyptus

Letakkan daun eucalyptus di tempat yang sering didatangi oleh tikus. Anda juga dapat menempatkan daun eucalyptus di dalam lemari, gudang, atau area yang rawan terkena serangan tikus.

4. C. Kelebihan dan kekurangan penggunaan Eucalyptus

Kelebihan Eucalyptus Kekurangan Eucalyptus 
Eucalyptus adalah solusi alami yang aman dan ramah lingkungan untuk mengusir tikusMeskipun eucalyptus dapat menjadi pengusir tikus yang efektif, namun penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati dan tidak secara berlebihan.
Selain mengusir tikus, eucalyptus juga memiliki manfaat antimikroba dan antijamur yang baik untuk menjaga kebersihan rumah. Penggunaan eucalyptus yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi pada sistem pernapasan manusia dan hewan peliharaan.

5. Pala

5. A. Mengapa pala adalah wewangian yang tidak disukai tikus? 

Pala adalah wewangian yang tidak disukai tikus karena memiliki aroma yang kuat dan pedas. Aroma ini mengganggu indera penciuman tikus, sehingga mereka merasa tidak nyaman dan enggan berada di area yang beraroma pala. 

Selain itu, zat kimia yang terkandung dalam pala juga dapat mempengaruhi sistem saraf tikus, membuat mereka lebih sensitif terhadap aroma tersebut. Dengan mengaplikasikan pala di area yang sering dilalui tikus, Anda dapat membantu mengusir tikus dari rumah atau lingkungan sekitar Anda secara alami dan aman.

5. B. Cara menggunakan pala sebagai wewangian pengusir tikus

Cara menggunakan pala sebagai wewangian pengusir tikus meliputi beberapa metode berikut: 

Serbuk pala

Taburkan serbuk pala di area yang sering dilalui tikus atau di sekitar tempat persembunyian tikus. Anda juga dapat menaburkannya di sekitar luar rumah, seperti di dekat pintu, jendela, dan ventilasi. 

Minyak esensial pala

Oleskan minyak esensial pala pada kapas atau kain yang ditempatkan di area yang sering dilalui tikus. Letakkan kapas atau kain tersebut di sekitar sudut-sudut rumah, laci, atau tempat yang sering menjadi tempat persembunyian tikus. 

Campuran Semprot Pala

Buat campuran semprot dengan mencampur 10-20 tetes minyak esensial pala dengan air dalam botol semprot. Semprotkan campuran ini di area yang sering dilalui tikus, seperti di sekitar pintu, jendela, dan sudut-sudut rumah. 

Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk mengaplikasikan pala secara rutin dan dalam jumlah yang cukup. Selalu perhatikan kebersihan rumah dan pastikan tidak ada sisa makanan yang dapat menarik tikus untuk datang. 

5. C. Kelebihan dan kekurangan penggunaan pala 

Kelebihan palaKekurangan pala
Solusi alami: Pala adalah alternatif alami dan ramah lingkungan untuk mengusir tikus, tanpa menggunakan racun atau bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah dan lingkungan.Efektivitas yang bervariasi: Pala mungkin tidak efektif untuk mengusir tikus dalam jumlah yang sangat banyak atau untuk tikus yang sudah terbiasa dengan aroma pala.
Aman bagi hewan peliharaan dan anak-anak: Berbeda dengan racun tikus, pala lebih aman digunakan di rumah yang memiliki hewan peliharaan dan anak-anak, karena risiko keracunan yang lebih rendah.Aplikasi rutin: Aroma pala mungkin perlu diaplikasikan secara rutin untuk menjaga efektivitasnya dalam mengusir tikus, karena aroma tersebut akan memudar seiring waktu.
Tidak merusak perabotan: Penggunaan pala tidak akan merusak perabotan atau permukaan di rumah Anda seperti yang mungkin terjadi saat menggunakan perangkap tikus atau racun tikus.Hanya mengusir, bukan membasmi: Pala lebih berfungsi untuk mengusir tikus daripada membasminya, sehingga tikus mungkin kembali ke rumah jika kondisi lingkungan masih mendukung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah dan menghilangkan sumber makanan yang dapat menarik tikus.

6. Camphor

Camphor atau kapur barus adalah senyawa kimia yang dihasilkan dari kayu kapur atau laurel. Aroma camphor memiliki bau yang kuat dan tajam, sehingga dapat menjadi pengusir tikus yang efektif. Camphor juga memiliki sifat antiseptik dan analgesik, sehingga sering digunakan dalam produk kesehatan.

Dalam penggunaannya sebagai pengusir tikus, camphor dapat diletakkan di area yang sering didatangi tikus, seperti di dekat celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh tikus. Camphor juga dapat ditempatkan di dalam lemari atau di dalam kotak penyimpanan makanan untuk mencegah tikus masuk dan merusak makanan.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan camphor sebagai pengusir tikus harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak secara berlebihan. Penggunaan camphor yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan manusia dan hewan peliharaan. 

7. Cedarwood

Cedarwood atau kayu cedar adalah jenis kayu yang berasal dari pohon cedar, yang banyak ditemukan di Amerika Utara dan beberapa wilayah di Asia. Aroma kayu cedar memiliki bau yang kuat dan tajam. 

Sehingga, dapat menjadi pengusir tikus yang efektif. Selain itu, cedarwood juga memiliki sifat antifungi dan antiseptik, sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam produk-produk kesehatan dan kecantikan.

Dalam penggunaannya sebagai pengusir tikus, cedarwood dapat digunakan dalam bentuk potongan kayu atau serbuk kayu cedar. Potongan kayu cedar dapat diletakkan di area yang sering didatangi tikus, seperti di dekat celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh tikus. 

Serbuk kayu cedar dapat ditempatkan di dalam lemari atau di dalam kotak penyimpanan pakaian untuk mencegah tikus dan serangga lainnya masuk dan merusak pakaian.

8. Ammonia 

Ammonia adalah senyawa kimia yang terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Adapun bau senyawa ini, yakni sangat kuat dan menyengat, sehingga dapat menjadi pengusir tikus yang efektif. 

Penggunaan ammonia sebagai pengusir tikus umumnya dilakukan dengan cara mencampurkan ammonia dengan air dan menyemprotkannya di area yang sering didatangi tikus.

9. Kayu Manis 

Wewangian yang tidak disukai tikus berikutnya adalah kayu manis. Kayu manis adalah rempah-rempah yang berasal dari kulit kayu pohon kayu manis. Kayu manis memiliki aroma yang khas dan sedikit manis, sehingga sering digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan, minuman, atau kue. Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam.

Dalam penggunaannya sebagai pengusir tikus, kayu manis dapat digunakan dalam bentuk batang kayu atau serbuk kayu kayu manis. Batang kayu kayu manis dapat diletakkan di area yang sering didatangi tikus. 

Seperti di dekat celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh tikus. Serbuk kayu kayu manis dapat ditempatkan di dalam lemari atau di dalam kotak penyimpanan makanan untuk mencegah tikus masuk dan merusak makanan. 

10. Lemon

Lemon adalah buah yang berasal dari pohon lemon yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Aroma segar dan asam yang dikeluarkan, sehingga sering digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, minuman, atau kue. Selain itu, lemon juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam.

Dalam penggunaannya sebagai pengusir tikus, lemon dapat digunakan dalam bentuk kulit lemon atau jus lemon. Kulit lemon dapat diletakkan di area yang sering didatangi tikus. 

Seperti di dekat celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh tikus. Jus lemon dapat dicampur dengan air dan disemprotkan di area yang sering didatangi tikus untuk memberikan aroma yang tidak disukai oleh tikus.

 11. Balsam fir

Balsam fir adalah jenis pohon konifer yang berasal dari Amerika Utara. Aroma balsam fir memiliki bau yang segar dan menyegarkan, sehingga dapat menjadi pengusir tikus yang efektif. Selain itu, balsam fir juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam.

Selain sebagai pengusir tikus, balsam fir juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Minyak esensial balsam fir dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membantu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan pilek.

DIY Wewangian Pengusir Tikus

1. Campuran minyak esensial

a. Bahan

  • 10 tetes minyak esensial peppermint
  • 10 tetes minyak esensial lavender
  • 10 tetes minyak esensial cengkeh
  • 10 tetes minyak esensial eucalyptus
  • 250 ml air

b. Cara membuat

  • Campurkan semua minyak esensial dan air dalam botol semprot
  • Kocok botol hingga semua bahan tercampur rata

c. Cara penggunaan

Semprotkan campuran di area yang sering dilalui tikus, seperti sudut-sudut rumah, di sekitar pintu dan jendela, atau di sekitar tempat persembunyian tikus. 

2. Potpourri alami pengusir tikus

a. Bahan

  • Daun peppermint kering
  • Bunga lavender kering
  • Cengkeh kering
  • Daun eucalyptus kering
  • Kantong kain atau kantong teh bekas

b. Cara membuat

  • Campurkan semua bahan kering dalam wadah
  • Isi kantong kain atau kantong teh bekas dengan campuran bahan kering
  • Ikat kantong dengan tali atau benang

c. Cara menggunakan:

  • Letakkan potpourri alami di area yang sering dilalui tikus atau di sekitar tempat persembunyian tikus
  • Gantilah potpourri secara berkala ketika aromanya mulai memudar 

3. Lilin aromaterapi pengusir tikus

a. Bahan

  • Lilin kedelai atau lilin lebah
  • Minyak esensial peppermint, lavender, cengkeh, dan eucalyptus
  • Sumatera atau wadah lilin

b. Cara membuat

  • Lelehkan lilin kedelai atau lilin lebah dalam panci dengan api kecil
  • Setelah lilin meleleh, tambahkan minyak esensial ke dalam lilin cair (20-40 tetes total untuk 250g lilin)
  • Tuangkan campuran lilin dan minyak esensial ke dalam sumatera atau wadah lilin
  • Biarkan lilin mengeras

c. Cara menggunakan

  • Nyalakan lilin aromaterapi di ruangan yang ingin Anda lindungi dari tikus
  • Biarkan aromanya mengisi ruangan dan mengusir tikus

Dengan membuat wewangian pengusir tikus DIY, Anda dapat menyesuaikan kekuatan aroma dan kombinasi bahan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selalu pastikan untuk menjaga kebersihan rumah dan menghilangkan sumber makanan yang dapat menarik tikus agar metode pengusiran ini lebih efektif. TIPS!

Produk Wewangian Pengusir Tikus

Merk wewangian pengusir tikus

1. Merk wewangian pengusir tikus

Beberapa merk wewangian pengusir tikus yang populer di pasaran meliputi:

a. Rodent Sheriff 

Merk ini menawarkan produk semprot berbasis minyak esensial peppermint yang diklaim efektif mengusir tikus, serta serangga dan hama lainnya.

b. Fresh Cab

Fresh Cab merupakan produk yang mengandung bahan alami seperti minyak esensial balsam fir dan biji kapas. Produk ini dikemas dalam kantong yang mudah ditempatkan di area yang sering dilalui tikus.

c. Eco Defense Mice Repellent 

Produk ini merupakan semprotan berbasis minyak esensial yang mengandung campuran peppermint, cengkeh, dan bahan-bahan alami lainnya. Eco Defense Mice Repellent diklaim aman bagi hewan peliharaan dan anak-anak serta ramah lingkungan.

d. Grandpa Gus’s Mouse Repellent 

Produk ini mengandung minyak esensial peppermint dan kapulaga dalam bentuk kantong yang siap pakai. Grandpa Gus’s Mouse Repellent diklaim efektif mengusir tikus dan aman digunakan di sekitar hewan peliharaan serta anak-anak.

e. MDX Concepts Mice Repellent

MDX Concepts menawarkan semprotan pengusir tikus berbasis minyak esensial yang mengandung peppermint, cengkeh, dan bahan-bahan alami lainnya. Produk ini diklaim aman bagi hewan peliharaan dan anak-anak serta ramah lingkungan.

Sebelum memilih merk wewangian pengusir tikus, pastikan untuk membaca ulasan dan testimoni konsumen untuk mengetahui keefektifan produk. Selalu ikuti instruksi penggunaan pada kemasan produk dan jaga kebersihan rumah untuk hasil yang optimal dalam mengusir tikus.

2. Harga dan cara membeli wewangian pengusir tikus 

Harga pengusir tikus yang berbentuk wewangian bervariasi tergantung pada merek, jenis produk, dan kualitas bahan yang digunakan. Rentang harga produk pengusir tikus wewangian berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000 atau bahkan lebih.

Cara membeli wewangian pengusir tikus:

a. Toko online 

Toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli menawarkan berbagai merk wewangian pengusir tikus yang dapat Anda beli dengan mudah. Anda dapat membandingkan harga, membaca ulasan pelanggan, dan memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

b. Toko perabotan rumah

Toko perabotan rumah dan swalayan umumnya menyediakan berbagai produk pengusir tikus, termasuk wewangian pengusir tikus. Anda dapat memeriksa stok produk dan membeli langsung di toko.

c. Toko alat pertanian dan kebun 

Toko alat pertanian dan kebun juga sering menjual produk wewangian pengusir tikus, terutama yang diformulasikan untuk digunakan di luar ruangan.

d. Apotek 

Beberapa apotek mungkin menyediakan produk wewangian pengusir tikus yang lebih aman dan memiliki kandungan bahan alami. Namun, stok produk mungkin lebih terbatas dibandingkan toko online atau toko peralatan rumah tangga.

Tips & Trik Mengusir Tikus dari Rumah dengan Wewangian 

1. Gunakan campuran wewangian

Untuk hasil yang lebih efektif, gunakan campuran beberapa jenis wewangian, seperti peppermint, lavender, cengkeh, dan eucalyptus. Kombinasi wewangian ini akan lebih efektif dalam mengusir tikus dan mengurangi kemungkinan tikus menjadi kebal terhadap aroma tertentu.

Perbarui wewangian secara berkala: Pastikan untuk mengganti atau menambahkan wewangian secara berkala, karena aroma akan memudar seiring waktu. Ini akan memastikan bahwa kehadiran wewangian tetap cukup kuat untuk mengusir tikus.

2. Fokus pada area yang sering dilalui tikus 

Ketahui tempat-tempat di rumah Anda yang sering dilalui atau dijadikan tempat persembunyian tikus. Letakkan wewangian pengusir tikus di area-area tersebut agar lebih efektif dalam mengusir tikus.

3. Jaga kebersihan rumah 

Selain menggunakan wewangian pengusir tikus, pastikan untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Buang sisa makanan, tutup tempat sampah, dan bersihkan area dapur untuk mengurangi daya tarik rumah Anda bagi tikus.

4. Blokir akses tikus 

Periksa rumah Anda untuk mencari lubang atau celah yang mungkin digunakan tikus untuk masuk. Tutup lubang tersebut dengan menggunakan bahan yang sulit digigit tikus, seperti baja atau beton.

5. Gunakan metode pengusiran lain 

Jika diperlukan, kombinasikan penggunaan wewangian pengusir tikus dengan metode pengusiran lain, seperti perangkap tikus atau alat ultrasonik. Metode yang dikombinasikan akan lebih efektif dalam mengendalikan populasi tikus di rumah Anda.

6. Edukasi diri Anda 

Pelajari lebih lanjut tentang kebiasaan dan perilaku tikus serta cara mengusir mereka secara efektif. Pengetahuan ini akan membantu Anda merumuskan strategi pengusiran tikus yang lebih efisien dan efektif.

Kesimpulan

Menggunakan wewangian alami seperti peppermint, lavender, cengkeh, dan eucalyptus merupakan salah satu metode yang efektif dan ramah lingkungan untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Selain itu, wewangian pengusir tikus ini aman bagi hewan peliharaan dan anak-anak. 

Dalam mengatasi masalah tikus di rumah, pendekatan yang komprehensif dan persisten akan memberikan hasil yang lebih efektif. Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode pengusiran tikus dan mencari informasi lebih lanjut tentang cara mengatasi masalah tikus dengan cara yang paling sesuai untuk kondisi rumah Anda. 

Ingatlah bahwa pencegahan dan kebersihan adalah kunci utama dalam mengendalikan populasi tikus dan menjaga rumah Anda tetap aman dan nyaman. Demikian informasi seputar wewangian yang tidak disukai tikus sebagai cara ampuh mengusir tikus dari rumah. (***) 

FAQs

Apa saja wewangian yang tidak disukai tikus?

Wewangian yang tidak disukai tikus antara lain peppermint, lavender, cengkeh, eucalyptus, pala, camphor, cedarwood, ammonia, kayu manis, lemon, dan balsam fir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan