Warna Terakota Seperti Apa? Cek Ciri-ciri dan 5 Perpaduannya

WARNA TERAKOTA SEPERTI APA
(WARNA TERAKOTA SEPERTI APA/HOMEYPEDIA.COM)

HOMEYPEDIA.COMHai, Sobat Homey! Warna terakota seperti apa sih yang membuatnya begitu fenomenal? Bayangkan suasana hangat bumi yang diberikan oleh batu bata yang telah dibakar, menambahkan unsur alami ke dalam ruangan.

Warna terakota atau terracotta bukan hanya sekedar tren, tapi juga representasi dari keindahan alam. Mari kita selami lebih dalam warna terakota seperti apa.

Bacaan Lainnya

Asal-usul Warna Terakota Adalah

warna terakota
(warna terakota)

Sobat Homey, saat kita berbicara tentang warna terakota seperti apa, kita harus melangkah sedikit mundur ke masa lalu. Asal-usul warna terakota atau terracotta adalah dari kata Italia yang berarti “tanah yang dibakar”.

Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan tanah liat sebagai salah satu bahan utama dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pembuatan peralatan masak, tembikar, hingga seni patung. Tanah liat ini, ketika dibentuk dan kemudian dibakar pada suhu yang sangat tinggi, menghasilkan warna merah jingga yang kini kita kenal sebagai warna terakota.

Baca Juga: 9 Warna Keramik Lantai yang Tidak Mudah Terlihat Kotor 2023

Tidak hanya di Italia, banyak peradaban kuno lainnya juga telah memanfaatkan warna ini dalam berbagai karya seni mereka. Hal ini memberikan bukti sejarah bahwa warna ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang tak lekang oleh waktu.

Namun, selain dari asal-usul sejarahnya, warna terakota adalah simbol dari kehangatan, kenyamanan, dan kealamian. Warna ini mengingatkan kita pada tanah yang subur, matahari terbenam, atau bahkan suasana pedesaan yang tenang.

Dalam konteks desain interior, warna terakota memberikan nuansa hangat dan menyenangkan. Tidak heran jika banyak yang bertanya-tanya, warna terakota seperti apa dan bagaimana cara mengaplikasikannya di rumah.

Warna Terakota Seperti Apa

Seiring dengan tren desain interior yang kembali menggandrungi nuansa natural, banyak dari kita yang bertanya-tanya, warna terakota seperti apa sebenarnya?

Apakah warna ini akan cocok dengan ruangan di rumah kita? Terakota, dengan keunikan dan kehangatannya, memang selalu berhasil mencuri perhatian.

Dalam bayangan sebagian besar orang, warna terakota seperti apa identik dengan warna tanah yang terbakar. Ini memang tidak salah. Namun, untuk lebih mendalam, mari kita pecahkan nuansa yang ada dalam warna terakota.

  1. Oranye Hangat: Seperti matahari sore yang memberikan kilauan emas. Ini adalah nuansa yang sering diasosiasikan dengan terakota dan memberikan kesan hangat serta menyenangkan.
  2. Merah Bata: Mencerminkan warna bata yang telah lama dikenal dan sering digunakan dalam arsitektur. Nuansa ini sangat natural dan sering digunakan untuk memberikan sentuhan klasik pada ruangan.
  3. Coklat Tanah: Ini mengingatkan kita pada tanah basah setelah hujan atau tanah yang subur siap ditanam. Warna ini menenangkan dan memberikan kedalaman pada palet warna.
  4. Merah Muda Pasir: Lebih muda dari nuansa terakota klasik, merah muda pasir memberikan sentuhan feminin dan elegan.
  5. Coklat Kayu: Seperti kayu yang sudah menua, dengan semua karakter dan teksturnya, nuansa ini menambahkan ketegasan pada palet terakota.

Jadi, terracotta warna apa yang Sobat Homey pilih? Apakah oranye hangat yang ceria, atau coklat kayu yang kaya? Setiap nuansa memiliki keunikannya sendiri dan bisa memberikan sentuhan berbeda pada ruangan.

Baca Juga: 11+ Rumah Warna Ungu Violet Minimalis Cantik!

Informasi Kode Warna Terakota

Sobat Homey, pasti sudah sering dengar kan tentang warna terakota yang sedang hits belakangan ini? Tapi, tunggu dulu! Warna terakota seperti apa sih secara spesifik?

Bagi Sobat Homey yang hobi desain atau hanya ingin tahu lebih detail tentang warna ini, yuk kita kupas tuntas kode-kode warna warna terakota seperti apa.

Tabel Kode Warna Terakota:

FormatKode
Hex#E2725B
RGBr: 226, g: 114, b: 91
HSLh: 10°, s: 70%, l: 62%
HSVh: 10°, s: 60%, v: 89%
CMYKc: 0%, m: 50%, y: 60%, k: 11%

Baca Juga: Lahan Sempit Model Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah 101

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya, kode-kode warna terakota seperti apa? Sederhananya, itu adalah kode spesifik untuk warna terakota yang bisa Sobat Homey gunakan dalam berbagai aplikasi, baik digital maupun cetak.

Kalau kamu sedang ngoprek sesuatu di dunia digital, contohnya desain web atau grafis, kamu pasti sering berurusan dengan format RGB. Nah, dalam format ini, warna terakota terbentuk dari kombinasi 89% merah, 45% hijau, dan 36% biru.

Sementara itu, buat Sobat Homey yang mungkin sedang sibuk dengan proyek cetak, misalnya buku, majalah, atau brosur, kode warna yang lebih relevan adalah CMYK. Dalam format ini, warna terakota terdiri dari 0% biru laut (cyan), 50% magenta, 60% kuning, dan 11% hitam.

Warna terakota seperti apa? Sekarang, dengan informasi kode warna di atas, kamu bisa dengan tepat menggambarkan dan mengaplikasikan warna ini di berbagai media. Jadi, mau coba aplikasikan di projectmu? Pasti keren!

Contoh Warna Terracotta

contoh warna Terracotta
(contoh warna terracotta)

Buat kamu yang masih bertanya-tanya, “warna terakota seperti apa sih yang lagi hits saat ini?”, tenang! Ada banyak varian warna terakota yang bisa kamu jadikan referensi.

Setiap varian memiliki keunikan tersendiri dan bisa disesuaikan dengan selera serta nuansa ruangan yang diinginkan. Tanpa banyak basa-basi, yuk langsung aja cek beberapa contoh warna terakota yang lagi nge-trend!

1. Merah Bata Tradisional #8B3A3A

Ini nih, warna terakota seperti apa yang paling klasik. Warna ini mengingatkan kita pada tembikar kuno dan memberikan kesan hangat serta akrab. Cocok untuk kamu yang suka dengan nuansa retro dan vintage.

2. Jingga Matahari Terbenam #FF4500

Bayangin suasana matahari terbenam di pantai. Warna jingga yang hangat dengan sentuhan kemerahan, seolah memberi kehidupan di setiap sudut ruangan. Bikin ruangan jadi terasa lebih energetik!

3. Coklat Kayu Tua #8B4513

Warna terakota seperti apa yang satu ini? Bayangkan perpaduan warna tanah dengan kayu tua yang telah bertahun-tahun terpapar matahari. Warna ini memberikan kesan natural dan cocok untuk ruangan dengan konsep minimalis.

4. Peach Tropis #FFDAB9

Buat kamu yang ingin nuansa feminin dan manis, peach tropis bisa jadi pilihan. Warna ini memang lebih muda dibandingkan varian terakota lainnya, tapi tetap memberikan kesan hangat dan nyaman.

5. Coklat Sedang dengan Sentuhan Emas #B8860B

Gabungan dari coklat muda dengan sentuhan emas, memberikan kesan mewah sekaligus hangat. Cocok buat kamu yang ingin nuansa elegan di rumah.

6. Jingga Terang #FFA500

Untuk Sobat Homey yang suka dengan warna yang berani, jingga terang bisa jadi pilihan. Meski terang, warna ini tetap memberikan kesan hangat khas terakota.

Begitu banyak pilihan, kan? Warna terakota seperti apa yang jadi favoritmu? Ingat, setiap warna memiliki karakteristik sendiri. Sesuaikan dengan konsep rumah dan jadikan ruanganmu semakin hidup dengan warna-warna terakota ini!

Baca Juga: Warna Taupe Adalah Kombinasi Coklat dan Abu-abu, Elegan untuk Cat Dinding

Warna Terakota Cocok dengan Warna Apa

Warna Terakota Cocok dengan Warna Apa
(Warna Terakota Cocok dengan Warna Apa)

Warna terakota memang lagi nge-hits banget di kalangan desainer interior dan para pencinta DIY. Tapi, buat Sobat Homey yang masih bingung warna terakota seperti apa dan bagaimana sih cara memadukan warna ini?

Tenang, kita punya jawabannya di sini. Warna yang hangat dan earthy ini bisa menjadi sentral di ruangan, tapi perlu teman yang tepat agar semakin bersinar.

Nah, berikut ini beberapa warna yang bakal kompak banget kalo dipadukan dengan warna terakota!

1. Putih (#FFFFFF)

Putih? Ya, serius! Ini bukan tentang tampil biasa aja, tapi memberi kesan bersih dan menyegarkan. Putih bisa menyeimbangkan intensitas terakota, membuat ruangan terlihat lebih cerah dan luas. Buat Sobat Homey yang pengen nuansa minimalis, paduan ini gak bakal ngecewain.

2. Biru Tua (#000080)

Ngerasa berani? Padukan aja warna terakota seperti apa dengan biru tua. Biru tua, dengan kesan mendalam dan misteriusnya, bisa memberi kontras yang menarik dan harmonis. Cocok buat kamu yang mau tampil beda dan elegan.

3. Hijau Army (#4B5320)

Terakota dan hijau army? Kenapa nggak? Kalo kamu suka nuansa alam, kombinasi ini bisa jadi pilihan tepat. Bayangkan perpaduan warna terracotta dengan hijau army, semacam padang pasir bertemu hutan hijau. Seru kan?

4. Krem (#FFFDD0)

Ini warna pilihan yang aman tapi tetap stylish. Krem bisa menambah kesan hangat yang udah dimiliki terakota dan memberi sentuhan elegan di ruangan. Buat kamu yang suka nuansa klasik tapi tetap kekinian, krem dan terakota bisa jadi jawabannya.

5. Hitam (#000000)

Berani? Tentu aja! Hitam memang memberi kesan dramatis, tapi kalo dipadukan dengan terakota, hasilnya bakal melebihi ekspektasi. Warna yang cocok dengan terracotta? Hitam, Sob! Mereka berdua bakal bikin ruanganmu tampil beda dan berani.

Dengan pemilihan warna yang tepat, perpaduan warna terracotta bakalan makin standout dan bikin ruanganmu jadi pusat perhatian. Jadi, Sobat Homey, sudah tau kan mau padukan warna terakota dengan warna apa?

Baca Juga: Salem Warna Apa? 9 Contoh Warna Salem, Jenis & Perpaduan

Inspirasi Rumah Warna Terakota

rumah warna terakota
(rumah warna terakota)

Sobat Homey, warna terakota memang sedang menjadi bintang di dunia desain interior. Keunikan dan kehangatannya mampu memberikan sentuhan ajaib pada setiap sudut ruangan. Tapi, warna terakota seperti apa yang cocok diterapkan di cat dinding rumah? Berikut beberapa inspirasi yang bisa kamu coba!

  1. Dinding Ruang Tamu Terakota:
    • Ciptakan kesan hangat dan nyaman di ruang tamu dengan dinding warna terakota. Padukan dengan sofa berwarna krem atau coklat muda untuk nuansa yang harmonis. Dekorasi rumah dengan beberapa hiasan kayu atau tanaman gantung bisa menambah kesan alami.
  2. Kamar Tidur Terakota Santai:
    • Dengan kombinasi warna putih dan terakota di kamar tidur, kenyamanan tidurmu akan bertambah. Tambahkan selimut atau sprei dengan motif etnik untuk menambah karakter.
  3. Dapur Vintage Terakota:
    • Mau dapur dengan sentuhan vintage? Warna terakota pada dinding atau lemari dapur bisa menjadi pilihan. Padukan dengan keramik putih atau motif bata untuk kesan retro yang kental.
  4. Kamar Mandi Terakota Modern:
    • Siapa bilang kamar mandi tak bisa stylish? Gunakan ubin atau keramik warna terakota untuk memberikan nuansa hangat. Tambahan shower dengan finishing logam akan memberikan kesan modern.
  5. Fasad Rumah dengan Aksen Terakota:
    • Jika ingin memberikan kesan pertama yang kuat kepada tamu, cobalah aplikasikan warna terakota pada fasad rumah. Bisa di seluruh bagian atau hanya sebagai aksen. Kombinasi dengan warna abu-abu atau putih akan tampak menawan.
  6. Taman Belakang dengan Dekor Terakota:
    • Menggunakan pot tanah liat berwarna terakota untuk tanaman di taman belakang bisa memberikan kesan tradisional dan hangat. Ditambah dengan kursi taman kayu, suasana sore hari bersantai akan semakin sempurna.
  7. Lantai Terakota:
    • Bagi yang ingin sensasi berbeda, lantai terakota bisa menjadi pilihan. Selain tahan lama, lantai ini juga memberikan kesan alami dan hangat, cocok untuk ruangan dengan nuansa etnik atau tradisional.

Baca Juga: Warna Olive Seperti Apa? Cek 10 Jenis dan Contoh Warna Olive

Warna terakota memang mampu memberikan kesan hangat, alami, dan elegan di setiap sudut ruangan rumah. Baik itu dinding ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi, semuanya bisa berubah menjadi lebih hidup dengan sentuhan warna terakota.

Apalagi dengan paduan furniture yang tepat, nuansa hangat dan nyaman bisa kamu rasakan setiap harinya. Nah, Sobat Homey, jika sedang mencari furniture yang cocok untuk melengkapi nuansa terakota rumahmu, langsung saja mampir ke Mosaikayu.com.

Temukan berbagai pilihan furniture berkualitas yang pasti bikin ruanganmu makin kece! Siap untuk transformasi total? Pastinya juga sudah paham warna tekota seperti apa? Happy decorating! (***)

Rate this post

Pos terkait

Tinggalkan Balasan