25 Rumah di Blitar Hancur Akibat Petasan: Tips Renovasi Rumah

tips renovasi rumah pasca bencana
Tips renovasi rumah pasca bencana (Ilustrasi/Homeypedia.com)

HOMEYPEDIA.COM – Tips renovasi rumah pasca bencana menjadi sorotan publik pasca 25 rumah rusak dan hancur di Blitar, Jawa Timur pada Ahad, 19 Februari 2023. Berlangsung jam 22.30 WIB, kejadian nahas terpatnya menimpa warga Dukuh Tegalrejo, Karangbendo, Ponggok, Blitar. 

Kepala Polres Kota Blitar, Kombes Argowiyono membeberkan, serpihan bubuk mesiu pembuatan mercon di satu rumah diduga kuat menjadi penyebab utama insiden yang merenggut nyawa empat warga. Pihak Polres hingga kini masih melakukan uji laboratorium forensik. 

Bacaan Lainnya

“Dugaan sementara, pemilik rumah pembuatan mercon itu tidak menjalankan prosedur profesional saat meracik bahan petasan. Muncul isu bahwa pemilik pabrik petasan sambil merokok hingga percikan rokok secara tidak sengaja menyulut sumber petasan dan meledak,” kata Kombes Argowiyono dikutip Homeypedia dari Antaranews, Senin pagi tanggal 20/2/2023. 

Kombes Argowiyono melaporkan, dampak meletusnya petasan di Blitar tersebut membuat hancur 25 rumah warga sampai rata dengan tanah. Data lainnya yang berhasil diidentifikasi, ada 4 orang dilaporkan tewas, sementara 11 orang lainnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena terluka parah. 

“Dari jumlah keseluruhan korban, tiga di antaranya tertimbun reruntuhan rumah pasca ledakan mercon. Ketiganya dipastikan meninggal dunia karena di sekitar lokasi didapati sejumlah organ-organ tubuh yang terpotong,” ujar Kombes Argowiyono menambahkan. 

Tentu, peristiwa meledaknya rumah pembuat mercon yang membuat nyawa melayang ini menyisakan luka mendalam terhadap para kerabatnya. Di sisi lain, pihaknya harus melakukan renovasi rumahnya yang hancur lebur pasca kejadian ledakan petasan super dahsyat itu. Lantas, bagaimana cara dan tips renovasi rumah setelah bencana? 

Seperti Apa Itu Tips Renovasi Rumah? 

Tips renovasi rumah, secara umum mencakup kiat-kiat perencanaan hingga akhir dari sebuah kegiatan perbaikan rumah secara benar. Renovasi rumah ini, lebih khusus mengacu pada peningkatan properti komersial dan bisnis, serta properti hunian fisik. 

Dilansir dari laman resmi National Association of Home Builders, beberapa hal terkait aktivitas cara renovasi rumah antara lain sebagai berikut: 

  • Penambahan banyak ruangan rumah; 
  • Peningkatan perabotan rumah, seperti furniture, perabot rumah, dan perlengkapan lainnya; 
  • Penambahan atau peningkatan aspek fungsional rumah, seperti menambah elemen ruang khusus; 
  • Peningkatan nilai jual rumah; 
  • Perubahan aspek eksterior rumah, seperti taman dan garasi parkir; 
  • Peningkatan efisiensi energi tepat guna, misalnya jendela, pintu, sistem kontrol iklim ramah lingkungan, dll; 

Lebih lanjut, ada beberapa jenis renovasi rumah yang sebenarnya bisa dilakukan. Sebagai contoh, jika ada masalah yang melibatkan bangunan berbahaya, maka pemilik rumah harus melakukan renovasi khusus untuk memperbaiki elemen berbahaya tersebut. 

Pun ketika rumah yang akan direnovasi merupakan imbas dari kerusakan bencana alam, maka tips renovasi rumah bertahap bisa diaplikasikan. Sebagai antisipasi supaya di masa depan tidak mengalami kerusakan pasca bencana, cara renovasi rumah perlu mempertimbangkan aspek kebencanaan. 

7 Tips Renovasi Rumah Pasca Bencana 

Tips renovasi rumah pasca bencana membutuhkan penanganan yang berbeda dari sekadar renovasi rumah biasanya. Sebab, rumah yang terkena dampak bencana sering kali mengalami kerusakan yang parah. Misalnya 25 rumah di Blitar yang hancur, bahkan rata dengan tanah karena ledakan mercon. 

Jangan khawatir, artikel tips renovasi rumah pasca bencana ini akan membantu Sahabat ketika akan memulai renovasi rumah, seperti dihimpun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (pu.go.id) . Penasaran? Yuk baca terus pada ulasan selengkapnya berikut ini: 

1. Dokumentasikan seluruh kerusakan rumah 

Setelah bencana dipastikan reda dan aman, pengecekan kondisi keseluruhan rumah perlu dilakukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana harus melakukan renovasi rumah pasca bencana. Jangan lupa, Sahabat perlu mendokumentasikan seluruh kerusakan yang terjadi. 

Dokumentasi kerusakan rumah bisa dilakukan melalui berbagai cara, termasuk menggunakan kamera dengan keluaran video maupun foto. Namun, dokumentasi ini tidak untuk diunggah ke media sosial, melainkan sebagai bukti apabila dikemudian hari mengajukan asuransi atau bantuan perbaikan rumah lainnya. 

2. Membuat daftar periksa 

Sekarang setelah Sahabat mendokumentasikan kerusakan rumah, saatnya membuat daftar periksa. Ini mencakup perencanaan pembersihan, pemulihan, dan akhirnya dilakukan renovasi menyeluruh. Pun di dalam daftar periksa, perlu mencantumkan inspeksi kerusakan baik dalam skala kecil maupun besar. 

Dengan dibuatnya daftar periksa, tips renovasi rumah pasca bencana diharapkan bisa berjalan lancar. Perhitungan terhadap anggaran proyek renovasi rumah bisa sedikit terbantu olehnya. Pun bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang bisa dimulai terlebih dahulu yang mengacu pada catatan daftar periksa. 

3. Lakukan perbaikan yang sifatnya mendesak 

Untuk mencegah potensi kerusakan yang parah, beberapa kerusakan rumah selepas bencana perlu segera diperbaiki. Sahabat bisa memulainya dari hal mendasar, seperti merapikan reruntuhan, membuat akses jalan, serta menyelamatkan barang-barang berharga. 

Ringkasnya, pekerjaan perbaikan yang sifatnya mendesak mencakup hal-hal berikut ini: 

  • Pembersihan genangan air dan lumpur, terutama pasca bencana banjir mulai surut; 
  • Pencegahan jamur pada dinding-dinding rumah atau kusen pintu; 
  • Menyelamatkan perabot penting, mulai dari sofa, televisi, karpet, dan perabotan rumah lainnya yang berisiko mengalami kerusakan parah jika tidak segera diperbaiki. 

Di samping itu, ada pekerjaan perbaikan lain yang mungkin tidak bisa dilakukan sendiri. Sebagai contoh penggantian atap yang runtuh, puing-puing tembok besar yang runtuh, dan lainnya. Saat itulah, Sahabat perlu mencari bantuan profesional. 

Tips renovasi rumah pasca bencana
Tips renovasi rumah pasca bencana | Pixabay/Jtronics80

4. Cari jasa kontraktor renovasi rumah terpercaya 

Jika kerusakan rumah hanya minor alias tidak parah, hal itu bisa diperbaiki sendiri. Sebaliknya jika rumah rusak parah, menyewa kontraktor dengan tenaga profesional untuk mengerjakan renovasi rumah pasca bencana dapat menjadi solusi. 

Faktanya, usaha mencari dan memilih pekerja kontraktor aman tidak semudah membalikkan telapak tangan loh Sahabat. Ada beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian khusus sebelum memutuskan menggunakan kontraktor agar hasilnya pun maksimal. 

Bagaimana caranya? Inilah tips-tips penting yang wajib diketahui sebelum mencari jasa kontraktor terpercaya: 

  • Pastikan bahwa kontraktor sudah berbadan hukum atau dengan kata lain punya legalitas resmi dan kredibel, 
  • Reputasi kontraktor dalam pengalamannya melakukan renovasi rumah juga harus dipertimbangkan; 
  • Pintar dan selektif ketika melakukan penawaran harga dan spesifikasi, 
  • Apabila dimungkinkan, negosiasikan untuk diadakan fasilitas garansi, 
  • Jangan lupa membuat SPK yang sudah dibubuhi tanda tangan dan materai resmi. 

5. Renovasi rumah dimulai 

Setelah memilih dan berkonsultasi kepada jasa konstruksi terpilih dan terpercaya, langkah berikutnya yakni adalah segera memulai melakukan renovasi hunian. Selama proses pembongkaran hingga pembangunan, Sahabat perlu melakukan pengawasan langsung. 

Sering kali terjadi, pihak kontraktor tidak melakukan pekerjaan renovasi rumah sesuai perjanjian. Misalnya, kualitas material bangunan rumah yang di bawah standar, sampai teknik pembangunan rumah yang dilakukan secara sembarangan. Jangan sampai, rumah hasil renovasi roboh kembali ketika rampung dibangun. 

Akhir Kata 

Tips renovasi rumah pasca bencana adalah suatu proses yang memerlukan banyak persiapan dan pengetahuan. Proses ini termasuk memastikan bahwa struktur rumah tetap aman dan terlindungi, memeriksa kondisi properti dan keamanan tempat tinggal, menyiapkan lahan nyaman, melakukan perbaikan estetis sesuai preferensi, dan memastikan properti rumah Sahabat terlindungi. 

Dengan mempertimbangkan semua hal ini, rencana renovasi akan lebih efektif dan membantu mewujudkan hasil terbaik bagi hunian Sahabat. Jangn lupa pertimbangkan pula perhitungan biaya yang bisa dimungkinkan lebih hemat. Demikian informasi seputar tips renovasi rumah pasca bencana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan