Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis: Tips dan Trik agar Hasilnya Maksimal

renovasi rumah kuno jadi minimalis
Renovasi rumah kuno jadi minimalis (Ilustrasi/Homeypedia.com)

HOMEYPEDIA.COM – Di era modern saat ini, tren renovasi rumah kuno jadi minimalis semakin digemari oleh banyak kalangan. Namun, bagaimana jadinya jika rumah yang dimiliki sudah berusia puluhan tahun? Apakah masih layak melakukan transformasi rumah lama jadi minimalis yang nyaman? renovasi rumah kuno jadi minimalis: tips dan trik agar hasilnya maksimal

Dalam artikel berjudul “7 Inspirasi Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis yang Berubah Drastis”, Homeypedia bakal memberikan tips bagi Sahabat yang ingin melakukan renovasi rumah jadul jadi minimalis. Mulai dari contoh transformasi, langkah-langkah renovasi, hingga penggunaan furniture yang pas. 

Bacaan Lainnya

Selain itu, kami juga memberikan tips-tips menarik agar renovasi rumah kuno jadi minimalis dapat dilakukan dengan tepat dan efektif. Pastinya Sahabat sudah penasaran? Yuk, simak selengkapnya! 

Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis: Apa Perbedaannya? 

Dosen Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ashadi dalam bukunya yang berjudul Teori Arsitektur Zaman Klasik (2020) menjelaskan, arsitektur rumah kuno atau klasik adalah salah satu jenis rumah yang dibangun pada masa lampau. Gaya interiornya juga masih mempertahankan desain yang khas dari masa lalu. 

Ciri-ciri rumah klasik bisa bervariasi tergantung pada budaya, zaman, dan tempat di mana rumah tersebut dibangun. Adapun karakteristik umumnya, rumah kuno masih menggunakan material bangunan seperti kayu, batu dan tanah liat. Sebagian besar dekorasi rumah terlihat rumit dan beragam. 

Sementara itu, rumah minimalis mengacu pada jenis hunian berukuran kecil dengan desain interior yang elegan, sederhana, tetapi tetap fungsional. “Rumah minimalis harus dibangun dengan penataan ruangan yang hangat dan ramah,” kata Sharon Blaustein, seorang desainer interior di B Interior LLC. 

Langkah-langkah Cara Renovasi Rumah Lama Jadi Minimalis 

Proses renovasi rumah kuno jadi minimalis membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang agar menghasilkan hasil yang memuaskan. Waktu renovasi tergantung pada sejumlah faktor, seperti ukuran rumah, lingkup proyek, dan bahan yang digunakan. 

Rata-rata waktu renovasi rumah kuno menjadi rumah minimalis adalah 6 hingga 12 bulan. Dilansir dari idealhome.co.uk, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam merenovasi rumah tua menjadi rumah modern minimalis yang kekinian. 

1. Perencanaan renovasi rumah 

Langkah pertama dalam merenovasi rumah kuno menjadi minimalis adalah perencanaan yang matang. Saat merencanakan renovasi, Sahabat harus mempertimbangkan budget yang ada, ruang yang tersedia, dan juga jenis perubahan yang ingin dilakukan. 

Untuk memudahkan perencanaan, Sahabat bisa membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Kemudian, konsultasikan dengan arsitek atau desainer interior untuk membantu merancang perubahan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Sahabat. 

2. Merancang desain sesuai dengan gaya rumah minimalis 

Setelah perencanaan selesai, langkah berikutnya adalah merancang desain minimalis yang sesuai dengan karakter rumah kuno Sahabat. Fokus desain rumah minimalis terletak pada penggunaan warna dan bahan yang sederhana, serta bentuk dan detail yang minim. 

Sahabat juga dapat mempertahankan beberapa elemen arsitektur yang menonjol di rumah kuno Sahabat. Sebagai contoh, dinding batu bata, atap kayu, atau kusen jendela yang unik. 

3. Pelaksanaan renovasi 

Setelah perencanaan dan desain selesai, saatnya untuk memulai renovasi. Pastikan Sahabat bekerja sama dengan kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya. Pastikan juga bahwa kontraktor tersebut mengikuti rencana dan desain yang sudah dibuat. Jangan lupa untuk memantau proses renovasi secara teratur, agar Sahabat dapat mengidentifikasi masalah dan memperbaikinya segera. 

Contoh Transformasi Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis 

Ini adalah beberapa potret perubahan atau transformasi rumah sederhana jadul jadi minimalis, sebelum dan sesudah renovasi dilakukan. Tampak perubahannya cukup drastis ya sahabat.

1. Tranformasi renovasi rumah lawas dua lantai

2. Transformasi renovasi rumah kuno tiga lantai

3. Transformasi rumah klasik ala Eropa

Tips dan Trik Renovasi Rumah Klasik Jadi Minimalis 

Jika Sahabat berminat melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis sekarang, berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa membantu, antara lain: 

1. Kenal tipe rumah kuno yang ingin direnovasi 

Sebelum memulai renovasi, penting untuk mengenali tipe rumah kuno yang ingin direnovasi menjadi rumah minimalis. Ada beberapa jenis rumah kuno yang umumnya ditemukan di Indonesia. 

Beberapa di antaranya yaitu rumah joglo, rumah limasan, rumah panggung, dan sebagainya. Setiap jenis rumah memiliki keunikannya sendiri, dan memahami karakteristik rumah kuno tersebut adalah kunci dalam proses renovasi.

2. Tips ubah tata ruang 

Konsep minimalis menuntut adanya ruangan yang terbuka dan luas. Oleh karena itu, Sahabat perlu mengubah tata ruang rumah kuno agar terlihat lebih modern dan minimalis. 

Sahabat bisa mempertimbangkan untuk menghilangkan dinding pembatas antar ruangan. Selain itu, diperlukan pencahayaan yang lebih baik untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. 

3. Pilih material dan warna yang tepat  

Sahabat, pemilihan warna dan material yang tepat sangat penting dalam membuat rumah kuno menjadi minimalis. Warna-warna netral yang perlu dipilih seperti putih, abu-abu, atau coklat untuk memberikan kesan yang bersih dan elegan. Selain itu, pilih material yang ringan dan tidak membebani struktur bangunan. 

4. Trik menentukan furnitur yang simpel 

Furnitur minimalis juga merupakan bagian penting dari proses renovasi. Pilihlah furnitur yang simpel namun elegan dan memiliki warna yang cocok dengan tema rumah minimalis. Adapun furnitur tersebut, sebaiknya tidak terlalu besar sehingga tidak membebani ruangan.

Akhir Kata 

Renovasi rumah kuno jadi minimalis bisa menjadi tantangan besar, tetapi tidak mustahil dilakukan. Penting untuk merencanakan setiap tahap dengan cermat. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas baik dan pilihlah desain yang memperhitungkan faktor fungsional dan estetika. 

Jangan lupa, Sahabat juga perlu mempertimbangkan untuk mempekerjakan profesional untuk membantu merancang dan melaksanakan renovasi. Dengan bantuan ahli, renovasi rumah kuno jadi rumah minimalis akan menjadi lebih mudah dan hasilnya akan lebih memuaskan. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan