17 Model Atap Rumah dari Minimalis hingga Modern [Lengkap]

HOMEYPEDIA.COM – Mencari model atap rumah yang sempurna bisa seasyik merancang mimpi. Tengan saja, dalam artikel ini Sobat Homey bisa menemukan 17 model atap rumah dari gaya minimalis hingga modern kekinian.

Setiap pilihan model atap rumah mencerminkan estetika dan kebutuhan personal Sobat Homey, sekaligus menentukan karakter bangunan. Bukan hanya pelindung dari terik matahari atau guyuran hujan, atap rumah tapi juga penegas gaya dan identitas rumah Sobat Homey.

Bacaan Lainnya

Dengan mempertimbangkan aspek iklim, budget, dan keindahan, Sobat Homey bisa menemukan desain atap rumah yang bukan hanya asri dipandang, tapi juga kokoh menaungi. Mari kita ulas satu per satu 17 model atap rumah yang bisa menjadi pilihan.

1. Model Atap Rumah Minimalis

Model Atap Rumah Minimalis
(Model Atap Rumah Minimalis / Homeypedia.com)

Saat kita berbicara tentang model atap rumah minimalis, kita menyentuh esensi dari desain kontemporer yang mengutamakan fungsionalitas tanpa mengorbankan estetika. Model ini biasanya datar atau memiliki kemiringan sangat rendah.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah material yang digunakan harus berkualitas untuk menghindari genangan air, dan pastikan desainnya mengakomodir saluran drainase yang baik.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Desain elegan, perawatan mudah, dan menghemat biaya konstruksi atap yang tinggiRentan terhadap genangan air jika drainase tidak baik, perlu material berkualitas tinggiRp 200.000 – Rp 400.000

2. Model Atap Rumah Miring

model atap rumah miring
(model atap rumah miring / homeypedia.com)

Sobat Homey yang tinggal di daerah dengan curah hujan atau salju yang tinggi mungkin akan memilih model atap rumah miring.

Atap ini dirancang untuk mengalirkan air dan salju dengan mudah, mencegah penumpukan yang bisa merusak struktur atap. Material yang digunakan biasanya harus kuat dan tahan terhadap beban air atau salju.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Pengaliran air hujan yang baik, tampilan dinamis, variasi desain banyakMemerlukan perhitungan struktural yang tepat, biaya lebih tinggi dibanding atap datarRp 250.000 – Rp 500.000

3. Model Atap Rumah Minimalis 3 Trap

model atap rumah minimalis 3 trap
(model atap rumah minimalis 3 trap / homeypedia.com)

Model atap rumah minimalis 3 trap merupakan evolusi dari desain atap minimalis dengan menambahkan lebih banyak level atau trap. Ini memberikan tampilan yang unik dan lebih modern.

Sobat Homey harus memastikan bahwa setiap trap dibangun dengan baik agar tidak terjadi kebocoran di tempat dimana trap bertemu.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Desain unik dan modern, pembagian zona yang jelasBiaya konstruksi dan desain yang lebih tinggi, perlu perawatan lebihRp 300.000 – Rp 600.000

4. Rumah Atap Miring Sederhana

Rumah Atap Miring Sederhana
(Rumah Atap Miring Sederhana / Homeypedia.com)

Rumah atap miring sederhana bisa jadi jawaban untuk keindahan tanpa komplikasi. Model ini menyajikan kemiringan yang tidak terlalu curam dan mudah dibangun.

Namun, penting bagi Sobat Homey untuk memastikan bahwa kemiringannya cukup untuk mengalirkan air hujan dan mencegah penumpukan kotoran.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Efisiensi biaya dan konstruksi, mudah dibangun dan dirawatTampilan yang terlalu sederhana bagi beberapa orang, kemungkinan terbatas untuk desain inovatifRp 150.000 – Rp 350.000

5. Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang

Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang
(Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang / Homeypedia.com)

Model ini menghadirkan solusi untuk perluasan ruang. Model atap rumah memanjang ke belakang memberi lebih banyak ruang di bagian belakang rumah, ideal untuk tambahan seperti teras atau taman belakang.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah drainase air hujan, yang harus direncanakan dengan matang agar tidak terjadi genangan.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Penambahan ruang, pencahayaan alami yang baik, desain inovatifMembutuhkan penguatan struktural, risiko drainase tidak efektif jika tidak dirancang dengan baikRp 250.000 – Rp 450.000

6. Rumah Atap Miring Satu Sisi

rumah atap miring satu sisi
(rumah atap miring satu sisi / homeypedia.com)

Atap dengan kemiringan satu sisi seringkali dipilih karena gaya modern dan asimetrisnya. Rumah atap miring satu sisi bisa menjadi statement design yang kuat.

Namun, Sobat Homey harus memastikan bahwa sisi yang miring tersebut menghadap arah yang tepat untuk efisiensi energi dan perlindungan dari elemen eksternal.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Estetika modern, ekspresi desain yang kuat, ideal untuk konsep rumah terbukaMemerlukan perencanaan cermat untuk menghadapi cuaca, bisa lebih mahal karena desain yang unikRp 300.000 – Rp 500.000

7. Rumah Atap Miring ke Depan

Rumah Atap Miring ke Depan
(Rumah Atap Miring ke Depan / Homeypedia.com)

Rumah atap miring ke depan merupakan solusi arsitektural yang mengarahkan pandangan langsung ke bagian depan rumah. Hal ini membuat fasad rumah menjadi lebih dramatis dan menarik.

Model atap ini sering kali digunakan untuk menonjolkan pintu masuk atau fitur arsitektur lainnya. Ketika memilih model ini, penting untuk mempertimbangkan sistem drainase yang efektif agar air hujan dapat dialirkan dengan baik tanpa merusak struktur bangunan.

KelebihanKekuranganEstimasi biaya per meter
Menambahkan nilai estetikaMemerlukan drainase yang baikRp 200.000 – Rp 500.000
Memfokuskan pandangan ke fasadPerawatan lebih rumit
Membuat rumah terlihat lebih besarBisa lebih mahal karena desain

8. Model Rumah Atap Segitiga Terbaru

Model Rumah Atap Segitiga Terbaru
(Model Rumah Atap Segitiga Terbaru / Homeypedia.com)

Model rumah atap segitiga terbaru menawarkan desain yang telah dimodernisasi dari bentuk atap klasik. Model ini sering dilengkapi dengan skylights atau jendela atap untuk pencahayaan alami.

Dalam memilih model ini, penting untuk mempertimbangkan material yang akan digunakan karena bentuk segitiga dapat menambah beban struktural pada dinding rumah.

KelebihanKekuranganEstimasi biaya per meter
Pencahayaan alami yang baikBisa menambah beban strukturalRp 300.000 – Rp 600.000
Estetika modernMembutuhkan insulasi yang baik
Mengurangi penumpukan saljuPerlu kalkulasi struktur yang tepat

9. Rumah Atap Perisai

Rumah Atap Perisai
(Rumah Atap Perisai / Homeypedia.com)

Rumah atap perisai memiliki dua bidang atap miring yang bertemu di bagian tengah, seringkali digunakan di daerah dengan curah hujan atau salju yang tinggi.

Desain ini efektif melindungi rumah dari elemen eksternal. Sobat Homey harus memastikan bahwa bahan atap berkualitas dan tahan lama untuk menghindari kerusakan akibat kondisi cuaca ekstrem.

KelebihanKekuranganEstimasi biaya per meter
Proteksi yang baik dari cuacaBiaya konstruksi bisa tinggiRp 350.000 – Rp 650.000
Mengurangi risiko bocorMembutuhkan material berkualitas tinggi
Tahan lamaPerlu perawatan berkala

10. Model Atap Rumah Limas

model atap rumah limas
(model atap rumah limas / homeypedia.com)

Model atap rumah limas adalah desain yang terinspirasi dari bentuk piramida, cocok untuk rumah dengan gaya tradisional atau etnik. Model ini baik untuk ventilasi udara dan bisa menjadi pilihan di daerah berangin karena bentuknya yang stabil.

Pertimbangan utama adalah memastikan konstruksi yang kuat untuk menopang bentuk atap yang unik ini. Sobat Homey bisa melihat referensi gambar rumah atap limas ukuran 9×12.

KelebihanKekuranganEstimasi biaya per meter
Baik untuk ventilasiDesain lebih kompleksRp 250.000 – Rp 550.000
Stabil di daerah beranginButuh konstruksi yang kuat
Estetika tradisionalBisa lebih mahal dari model atap lain

11. Atap Pelana

Atap Pelana
(Atap Pelana / Homeypedia.com)

Atap pelana, dengan dua bidang atap miring yang bertemu di puncak, adalah desain yang cocok untuk hampir semua jenis rumah. Model ini juga efektif dalam mengalirkan air hujan dan biasanya lebih murah dalam hal konstruksi.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih material yang sesuai dengan iklim setempat agar atap bisa lebih tahan lama.

KelebihanKekuranganEstimasi biaya per meter
Efektif mengalirkan air hujanTampilan umum, kurang unikRp 150.000 – Rp 400.000
Biaya konstruksi lebih murahMemerlukan isolasi yang baik
Fleksibilitas desainBahan bisa variatif sesuai iklim

12. Model Atap Rumah Segitiga Klasik

Model Atap Rumah Segitiga Klasik
(Model Atap Rumah Segitiga Klasik / Homeypedia.com)

Model atap rumah segitiga klasik adalah pilihan yang tak lekang oleh waktu. Desain ini menawarkan estetika yang sederhana namun elegan, dan mudah dikombinasikan dengan berbagai gaya arsitektur.

Saat memilih model ini, Sobat Homey harus mempertimbangkan material yang memadai untuk isolasi suara dan panas, serta struktur yang dapat mendukung beban salju jika berada di daerah dingin.

KelebihanKekuranganEstimasi biaya per meter
Timeless dan fleksibelMembutuhkan isolasi yang baikRp 200.000 – Rp 500.000
Mudah dikombinasikanPerlu pertimbangan struktural
Biaya perawatan umumnya rendahKurang inovatif

13. Rumah Atap Datar 1 Lantai

Rumah Atap Datar 1 Lantai
(Rumah Atap Datar 1 Lantai / Homeypedia.com)

Desain rumah atap datar satu lantai kini semakin digemari karena kesan modern dan simpelnya. Model ini sangat cocok untuk iklim hangat dan daerah urban.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah sistem drainase yang baik untuk mencegah genangan air yang bisa menyebabkan kebocoran.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Tampilan modernPerlu drainase yang baikRp 500.000 – Rp 800.000
Mudah dalam perawatanRisiko kebocoran jika drainase buruk
Bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi (misal: roof garden)Tidak cocok untuk daerah dengan curah hujan tinggi

14. Atap Asbes

atap asbes
(atap asbes / homeypedia.com)

Atap asbes adalah pilihan bagi yang mencari solusi ekonomis dan praktis. Namun, penting untuk memperhatikan kualitas dan pemasangan yang tepat karena asbes yang kurang baik bisa berisiko bagi kesehatan. Pilih asbes yang telah lolos uji dan terbukti aman digunakan.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Harga ekonomisIsu kesehatan terkait asbesRp 100.000 – Rp 200.000
Mudah dipasangPerlu perawatan dan penggantian berkala
Ringan dan mudah dibentukTidak tahan lama seperti bahan lain

15. Atap Joglo

atap joglo
(atap joglo / homeypedia.com)

Atap Joglo membawa nuansa tradisional Jawa yang kental. Hal penting saat memilih atap joglo yaitu kualitas kayu dan konstruksi yang kokoh untuk menopang bentuk atap yang unik dan berat.

Atap joglo sangat sesuai untuk daerah tropis dan memberikan sirkulasi udara yang baik.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Estetika tradisional yang kayaBiaya konstruksi yang relatif tinggiRp 1.200.000 – Rp 2.500.000
Sirkulasi udara yang baikMembutuhkan kayu berkualitas tinggi
Tahan lama jika dirawat dengan baikPerawatan berkala untuk mencegah kerusakan kayu

16. Atap Kupu-kupu

atap kupu-kupu
(atap kupu-kupu / homeypedia.com)

Model atap kupu-kupu dengan bentuk yang menyerupai sayap kupu-kupu ini tidak hanya indah tapi juga fungsional. Penting untuk memastikan bahwa sudut atap dibangun dengan tepat untuk efisiensi penyaluran air hujan.

Atap ini cocok untuk rumah dengan konsep keberlanjutan dan ramah lingkungan.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Desain unik dan modernKompleksitas konstruksiRp 800.000 – Rp 1.500.000
Efektif untuk pengumpulan air hujanBiaya lebih tinggi dari atap standar
Membantu ventilasi alamiMemerlukan desain yang cermat untuk menghindari masalah kebocoran

17. Model Atap Rumah Terbaru

Model Atap Rumah Terbaru
(Model Atap Rumah Terbaru / Homeypedia.com)

Inovasi terus berlanjut dalam desain atap, dengan model atap rumah terbaru yang mengintegrasikan fitur ramah lingkungan seperti atap hijau dan panel surya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah adaptasi dengan teknologi tersebut dan profesional yang tepat untuk instalasi. Model-model terbaru ini sering kali memerlukan investasi awal yang lebih besar, tapi memberikan keuntungan jangka panjang.

KelebihanKekuranganEstimasi Biaya per Meter
Hemat energi dengan fitur ramah lingkunganBiaya awal yang tinggiRp 1.500.000 – Rp 3.000.000
Estetika kontemporer dan canggihPerlu profesional untuk instalasi

KESIMPULAN

Memilih model atap rumah bukan sekadar memutuskan gaya atau estetika; ini tentang membuat keputusan arsitektural yang mendukung gaya hidup Sobat Homey dan kondisi alam sekitar.

Dari desain minimalis yang bersih dan tajam, hingga model atap miring yang fungsional untuk mengatasi cuaca buruk, atau atap limas yang klasik dan anggun, setiap desain atap memiliki keistimewaan tersendiri yang bisa mengubah rumah menjadi tempat yang lebih nyaman dan menawan.

Perlu diperhatikan pula, harga-harga di atas adalah estimasi dan bisa berubah tergantung pada lokasi, kualitas material, dan biaya tenaga kerja di daerah Sobat Homey. Selalu konsultasikan dengan ahli atau kontraktor berpengalaman sebelum memutuskan model atap yang akan digunakan.

Sementara itu, dalam menentukan finishing untuk rumah impianmu, jangan lewatkan detail interior yang tak kalah penting. Panel dinding kayu dari Mosaikayu.com dapat menjadi pilihan tepat untuk menambah kehangatan dan tekstur alami pada ruangan.

Model atap rumah yang telah Sobat Homey pilih, dipadukan dengan sentuhan akhir dari panel dinding berkualitas, akan menghadirkan harmoni dan keindahan yang sempurna untuk rumah yang tak hanya indah dari luar, tapi juga hangat dan nyaman di dalamnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan