Cara Menata Ruang Tengah yang Sempit

cara menata ruang tengah yang sempit
cara menata ruang tengah yang sempit (Ilustrasi/Homeypedia.com)

HOMEYPEDIA.COM – Cara menata ruang tengah yang sempit kerap menjadi tantangan, namun dengan tips dan trik tertentu Sahabat bisa melakukannya dengan mudah. Dengan tips simpel dan trik jitu, pelajari kiat menata ruang tengah yang sempit agar terasa lebih lapang dan nyaman. 

Salah satu masalah ketika mempunyai rumah dengan ruang tengah yang sempit adalah terbatasnya ruang gerak. Saat berkumpul bersama kerabat, misalnya, suasana akan terasa sesak sehingga kenyamanan terganggu. Selain itu, pemilik rumah juga dituntut untuk menata furnitur seideal mungkin. 

Bacaan Lainnya

Sahabat, apakah kamu punya ruang tengah yang sempit? Apakah kamu merasa kesulitan untuk menata ruang tamu yang sempit supaya terlihat estetik dan nyaman? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kita akan membahas 7 cara menata ruang tengah yang sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman. 

Cara Menata Ruang Tengah yang Sempit: Apa Kriterianya?

Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang 7 cara menata ruang tengah yang sempit, Sahabat perlu mengetahui terlebih dahulu sejauh mana sebuah ruang tengah bisa dikatakan sangar kecil. Ruang tengah adalah salah satu bagian ruang rumah yang biasanya berada di tengah dan berfungsi sebagai ruang nyaman. 

Dilansir dari House Plans Helper, kriteria ruang tengah yang sempit berukuran 7 x 10 kaki (sekitar 2,1 x 3,0 meter). Ini akan menjadi ruangan kecil dan mungkin hanya diisi sofa kecil dengan dua tempat duduk di satu sisi ruangan. Jika penghuni rumah hanya dua atau tiga orang saja, kondisi ruang tengah yang sempit ini tidak menjadi masalah krusial. 

Sementara itu, menurut House Plans Helper, idealnya ruang tengah berukuran 12 x 18 kaki (sekitar 3,7 x 5,5 meter). Ukuran ruang tengah ini bisa menampung 6 hingga 10 orang di dalamnya. Pun bisa ditaruh sekitar lima kursi menghadap meja televisi atau tempat duduk jenis sofa sudut berjumlah tiga buah berukuran sedang. 

Inilah 7 Cara Menata Ruang Tengah yang Sempit 

Dalam menjelaskan 7 cara menata ruang tengah yang sempit, Homeypedia meminta bantuan dua desainer interior profesional. Mereka adalah Rita Melkonian, desainer interior dari Small Space Designer dan seorang desainer yang berbasis di New Jersey dan New York, KD Reid. 

Menurut Melkonian dan Reid, berikut adalah 7 tips dan trik mengatur ruang tengah yang sempit supaya terasa lebih lapang dan nyaman untuk ditinggali di rumah: 

1. Cara Menata Ruang Tengah yang Sempit: Hiasi rak dinding kecil 

Cara menata ruang tengah yang sempit
(Sumber: Maiar Shalaby/Unsplash)

Cara menata ruang tengah yang sempit pertama adalah dengan memasang rak dinding karena bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Buatlah rak dinding yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk menyimpan buku atau hiasan dekorasi. Dengan begitu, ruang tengah yang sempit akan lebih teratur dan nyaman dipandang mata. 

Supaya tidak terlalu memakan ruang, gunakan rak dinding sedalam 3 hingga 4 inci. “Memanfaatkan rak dinding tidak  hanya membuat meja santai berantakan dan menambah daya tarik vertikal, tetapi juga meningkatkan ketinggian ruangan dari ruang tengah yang sempit,” kata Reid dikutip dari Homelight

2. Atur pencahayaan yang baik 

Cara menata ruang tengah yang sempit
(Sumber: Max Rahubovskiy/Pexels)

Pencahayaan yang baik dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Sahabat bisa menggunakan lampu sorot untuk menyoroti bagian-bagian tertentu di ruang tengah, atau menggunakan lampu hias untuk memberikan efek yang lebih dramatis. 

Pastikan juga, ketika menerapkan cara menata ruang tengah yang sempit, Sahabat memilih lampu tipe tidak terlalu besar dan sesuai dengan skala ruangan. “Semakin banyak cahaya alami yang tersedia di sebuah ruangan, maka semakin besar dan terang pula penampilannya,” ujar Melkonian. 

3. Pilih furniture yang proporsional 

Cara menata ruang tengah yang sempit
(Sumber: Max Rahubovskiy/Pexels)

Cara menata ruang tengah yang sempit berikutnya, Sahabat harus memilih furnitur proporsional dengan ukuran ruangan. Pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga ruang tamu tidak terlihat penuh atau kosong. Perhatikan juga bentuk furnitur yang akan Sahabat pilih. 

Direkomendasikan untuk memilih jenis furnitur dengan bentuk sederhana dan minimalis. Tata letak dari setiap furnitur juga harus diperhatikan, jangan sampai berantakan karena justru menambah sesak. “Pengelompokan meja dan kursi yang berantakan cenderung membuat ruangan terlihat ramai, tidak terbuka, dan lapang.” kata Melkonian. 

4. Pasang atau gantung gorden tinggi 

Melkonian menjelaskan bahwa pemasangan gorden berukuran tinggi bisa mempengaruhi ilusi pandangan mata pada ruang tengah rumah Langit-langit di ruang tengah juga akan tampak lebih tinggi sehingga timbul suasana terbuka dari yang sebenarnya. 

“Jika kondisi ruang tengah memiliki langit-langit setinggi 8 kaki, silakan ganting gorden atau tirai setinggi mungkin karena bisa meminimalisir kesan sempit di dalam ruangan,” ujar Melkonian saat menjelaskan kiat menata ruang tengah yang sempit.

5. Gunakan cat dinding warna terang 

Cat dinding rumah
(Sumber: MamaShaw/Pixabay)

Putih, kuning, biru laut, hijau muda, dan abu-abu muda bisa menjadi pilihan tepat untuk warna cat dinding pada ruang tengah yang sempit. Sebab, warna-warna terang tersebut dapat memberikan kesan ruang tengah rumah yang lebih luas, terang, ceria, dan segar.

Hindari menggunakan warna gelap atau terlalu banyak warna pada dinding atau furnitur. “Efek rona pada warna terang memiliki efek positif dalam ruang tengah yang sempit. Itu membuat ruang tengah kecil tampak canggih dan bernuansa hangat enak dipandang,” kata KD Reid. 

6. Gunakan cermin untuk menciptakan ilusi 

Cermin dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dan terang. Kamu bisa memasang cermin di dinding yang berseberangan dengan jendela atau pintu untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih terbuka dan terang. 

Sahabat juga bisa memilih furniture dengan kaca atau permukaan yang berkilau untuk menciptakan efek serupa. Dengan trik ini, cara menata ruang tengah yang sempit bisa menjadi simpel dan mudah, yakni cukup menambahkan dekorasi cermin. 

7. Cara menata ruang tengah yang sempit: pilih karpet ukuran kecil 

Karpet kecil di ruang tengah rumah
(Sumber: Skitterphoto/Pixabay)

Terakhir, cara menata ruang tengah yang sempit adalah dengan memilih karpet berukuran kecil. Karpet yang terlalu besar dapat membuat ruang tamu terlihat lebih sempit dan sesak. Pilihlah karpet dengan warna dan pola yang sederhana dan minimalis. Jika Sahabat ingin menambahkan karpet ke ruang tamu yang sempit, pilihlah karpet yang kecil. 

Kesalahan Menata Ruang Tengah yang Sempit 

Ada beberapa kesalahan dalam menerapkan cara menata ruang tengah yang sempit. Kesalahan-kesalahan ini biasanya tidak disadari sehingga Sahabat harus menghindarinya. Dilansir dari Homes & Gardens, berikut 4 kesalahan cara menata ruang tengah yang sempit: 

1. Terlalu banyak perabotan 

Menaruh terlalu banyak perabotan di ruang tengah rumah yang sempit akan membuat ruangan terasa sesak dan tidak nyaman. Lebih baik memilih perabotan yang fungsional dan sesuai dengan ukuran ruangan. 

2. Tidak memanfaatkan dinding 

Salah satu cara untuk menghemat ruang di ruang tengah rumah yang sempit adalah dengan memanfaatkan dinding. Misalnya dengan memasang rak dinding untuk menaruh buku atau aksesoris lainnya. 

3. Tidak mempertimbangkan pencahayaan 

Pencahayaan yang tepat dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Pilihlah lampu yang cukup terang dan tempatkan lampu di sudut ruangan yang strategis. 

4. Tidak memperhatikan warna dinding 

Warna dinding yang gelap akan membuat ruangan terlihat semakin sempit. Lebih baik memilih warna dinding yang cerah dan terang untuk membuat ruang tengah rumah terlihat lebih luas dan nyaman.

Akhir Kata 

Itulah 7 cara menata ruang tengah yang sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman. Dengan menerapkan beberapa tips dan trik ini, Anda dapat menata ruang tengah rumah yang sempit sehingga terlihat lebih luas dan fungsional. Jangan lupa untuk berkreasi dengan gaya dan dekorasi yang sesuai dengan selera Anda sendiri. Selamat mencoba! (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan